Festival Es Internasional di China

Foto: Festival Patung Es dan Salju Harbin Internasional (Chinaodysseytours.com)
Foto: Festival Patung Es dan Salju Harbin Internasional (Chinaodysseytours.com)
CHINA menyelenggarakan suatu festival tahunan yang telah rutin diadakan saat musim dingin, sejak tahun 1963.

Festival tersebut adalah Festival Patung Es dan Salju Harbin Internasional. Festival ini diadakan di Harbin, ibu kota provinsi Heilongjiang yang juga merupakan kota kelahiran festival tersebut. Kota ini memang setiap tahunnya dihujani salju cukup deras, karena secara geografis Harbin terletak di timur laut China dan mendapat angin musim dingin dari Siberia.

Festival diadakan setiap tanggal 5 Januari dan berlangsung selama satu bulan penuh. Pameran diadakan di tiga lokasi utama, Taman Pulau Matahari untuk pahatan es dan salju, Dunia Salju dan Es (Bingxue Gong) untuk replika bangunan dari balok-balok es dan salju, serta Taman Zhaolin untuk lampion es. Pameran dimeriahkan dengan lampu berwarna-warni, musik, dan pesta kembang api.

Acara yang diadakan selama festival termasuk acara berenang di air es sungai Songhua, pertandingan hoki es, sepak bola di lapangan es, turnamen invitasi ski Alpin dan juga lomba-lomba seperti lomba memahat es, menulis puisi, festival film dan bahkan upacara pernikahan di atas es. Festival ini diikuti pemahat es dan salju dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Singapura, dan Rusia.

Festival ini sekarang telah menjadi salah satu dari empat festival salju terbesar di dunia bersama-sama dengan Festival Salju Sapporo, Karnaval Musim Dingin Kota Quebec, dan Festival Ski Norwegia.

Di antara replika bangunan megah yang pernah dibuat dari balok es dan salju adalah Tembok Besar, Tiananmen, pagoda, dan air terjun Niagara. Kanada menjadi tema festival tahun 2007 untuk memperingati dokter Kanada bernama Norman Bethune.
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 Kompasiapa