Pengguna Jejaring Sosial Facebook di Indonesia

Situs jejaring sosial yang satu ini memang "nggak ada matinya" dalam kepopulerannya di internet. Sejak berdirinya (6 tahun yang lalu), situs ini telah menampung banyak sekali pengguna di seluruh dunia. Jumlah pengguna sampai bulan September 2011 ini mencapai 727,651,380 orang dari berbagai negara di dunia. Hal ini menyebabkan situs jejaring sosial ini menjadi situs jejaring sosial yang paling populer saat ini. Keberhasilan Facebook dapat dinilai dari banyaknya pengguna yang menjadi member dalam situs jejaring Facebook ini.

Jejaring sosial Facebook menjadi situs jejaring sosial favorit di dunia. Hal ini dibuktikan dengan survey bahwa dari 10 orang yang ditemui dan diberi pertanyaan "Apa itu Facebook?", 9 orang dari mereka sudah mengenal situs jejaring sosial yang satu ini. Bahkan anak berumur bawah 5 tahun pun sudah ada yang mengenal situs jejaring sosial yang satu ini.

Di Indonesia sendiri, pengguna Facebook telah mencapai puluhan juta orang. Bahkan menurut survey dari checkfacebook.com, Indonesai menyumbang pengguna Facebook sebanyak 40,139,480 pengguna. Dari data tersebut Indonesia menempati urutan nomor 2 untuk jumlah pengguna Facebook terbanyak di dunia.

Pengguna Facebook dari Indonesia terdiri dari berbagai kalangan masyarakat dan segala umur, mulai dari anak-anak, remaja, bahkan orang tua. Kepentingan untuk menggunakan Facebook juga bermacam-macam, ada yang sekedar buat menyimpan dan membagi dokumen pribadi sampai dengan yang bersifat bisnis dan periklanan. Tidak jarang juga media sosial Facebook ini digunakan untuk kepentingan politik oleh beberapa kalangan masyarakat. Banyak sekali yang menggunakan media sosial Facebook untuk mencurahkan isi hati, kekecewaan, kritik, saran, kebahagiaan dan lain-lainnya. Hal ini menjadikan Facebook sebagai media demokrasi digital yang online sepanjang waktu.

Dalam perkembangannya akhir-akhir ini, Facebook mempunyai sis positif dan sisi negatifnya. Sisi positif dari situs jejaring sosial ini adalah sebagai media untuk berinteraksi dengan orang yang kita kenal bahakan orang-orang yang baru kita kenal. Dengan facebook banyak teman bisa kita dapatkan. Facebook juga dipakai untuk media sosial seperti memberikan informasi yang sifatnya sosial untuk membantu sesama. Banyak sekali hal baik yang dapat dilakukan menggunakan media sosial yang mudah dipahami ini. Tetapi, di samping sisi-sisi positif tersebut, Facebook juga menyimpan sisi negatif yang tidak kalah bahayanya. Sebagai contoh adalah kejahatan dunia maya yang memanfaatkan media Facebook seperti penculikan. Ini pernah terjadi di Indonesia, seorang anak diculik setelah berinteraksi dengan orang baru melalui Facebook. Sisi negatif yang lain diantaranya adalah terbukanya keamanan data pribadi.

Facebook dapat memberikan hal yang positif ketika kita menggunakannya dengan bijak. Tetapi Facebook juga dapat memberikan hal yang negatif ketika kita menggunakan Facebook itu dengan keinginan yang jahat. Jadi semua tergantung kita menggunakannya. Facebook untuk kebaikan.
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 Kompasiapa