7 Keunikan Binatang Onta


Onta dikenal dengan binatang yang sangat kuat dan tahan terhadap cuaca yang panas..
Hewan yang berasal dari timur tengah ini memiliki keunikan tersendiri.
diantaranya sebagai berikut


1. Tahan lapar dan haus
Salah satu ciri khas unta adalah struktur tubuh yang sangat kuat dan tahan terhadap kondisi lingkungan yang paling ganas sekalipun. Unta mampu bertahan hidup berhari-hari tanpa makan dan minum. Mamalia ini dapat melakukan perjalanan jauh dengan beban ratusan kilogram di punggungnya selama berhari-hari.


2. Pengguna air yang efisien
Dalam waktu sekitar 10 menit, unta mampu meminum air hingga 130 liter, jumlah yang kurang lebih setara dengan sepertiga berat tubuhnya. Di samping itu, unta memiliki struktur berlendir dalam hidungnya dengan ukuran 100 kali lebih besar dari yang ada pada manusia. Hal ini memungkinkan unta mendapatkan 66% uap air yang terkandung dalam udara.

3. Pemanfaatan hasil metabolisme dengan sangat baik
Sebagian besar binatang akan mati keracunan ketika urea yang terakumulasi dalam ginjal mereka berdifusi ke dalam darah. Akan tetapi unta mampu memaksimalkan penggunaan air dan zat-zat makanan dengan cara mengalirkan urea berulang-ulang ke liver. Struktur darah dan sel unta sangatlah unik dan khas sehingga binatang ini mampu bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama tanpa air di padang pasir.


4. Perlindungan yang baik terhadap tornado dan badai
Mata unta memiliki bulu mata yang tersusun menjadi dua lapisan. Lapisan bulu mata ini membentuk sebuah perangkap yang mampu melindungi mata unta dari badai pasir yang ganas. Di samping itu, unta dapat menutup hidungnya sehingga mencegah masuknya pasir ke dalam hidung.


5. Perlindungan terhadap panas dan dingin
Rambut tebal yang menutupi tubuh unta mampu melindungi kulit onta dari terpaan sinar matahari yang panas membakar. Sebaliknya, pada cuaca yang amat dingin rambut ini mampu menjaga tubuh onta agar tetap hangat. Unta padang pasir tidak begitu terpengaruh oleh temperatur yang mencapai 50°C. Sebaliknya, unta Bactrian yang berpunuk ganda mampu bertahan hidup pada suhu -50°C. Unta jenis ini dapat hidup di ketinggian 4000 meter di atas permukaan laut.


6. Telapak kaki yang tahan panas
Telapak kaki unta memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan ukuran dan panjang kakinya. Kaki ini dirancang secara khusus dan sengaja diciptakan dengan ukuran besar untuk membantu berjalan di atas padang pasir dengan mudah tanpa terperosok. Telapak kaki ini memiliki bentuk melebar dan menggembung. Selain itu, kulit yang tebal pada telapak tersebut merupakan bentuk perlindungan terhadap pasir gurun yang panas membakar.

7. Bibir yang Kuat

 unta memiliki bibir yang sangat kuat seperti karet yang menjadikannya mudah untuk memakan duri.




Itulah beberapa keunikan dari binatang onta.
Jika anda ingin mencoba onta anda tidak perlu repot-repot ke negara di timur tengah, karna di Indonesia telah banyak memiliki tempat wisata yang banyak menyediakan onta sebagai kendaraan santainya.
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Kompasiapa