Trik Menyelesaikan Soal-soal Tes CPNS !


Bulan September – Oktober ini adalah bulan-bulan yang paling dinanti oleh para pencari kerja. Karena pada bulan-bulan inilah pemerintah biasanya membuka lowongan CPNS bagi masyarakat umum. Jika Anda berminat mengikuti penerimaan CPNS tahun 2010 ini, ada baiknya kiranya Anda sudah mempersiapkan syarat administratif menjadi CPNS sebaik mungkin dari sekarang.

Kembali ke topik awal, kiranya kita dapat memperhatikan beberapa poin berikut yang boleh disebut sebagai trik menyelesaikan soal-soal test CPNS yang mungkin bisa diterapkan saat berhadapan dengan tipe soal ujian CPNS ataupun soal tes ujian masuk BUMN lainnya.

Tes Bakat Skolastik :

Pada tes verbal, yaitu dibagian sinonim, antonim, maupun tes analogi, strategi belajar paling efektif adalah dengan banyak berlatih. Cari dan hafalkan kata-kata yang asing bagi Anda dalam kamus, surat kabar, berita di televisi dan lain-lain.
Untuk menjawab soal penalaran logika dan analitis, Anda sebaiknya melihat terlebih dahulu pilihan jawaban soal dan membandingkannya satu persatu. Hilangkan jawaban yang jelas salah, hingga Anda menemukan pilihan jawaban yang paling tepat atau mendekati.
Bagian yang dirasa sulit bagi banyak orang adalah bagian tes logika aritmatika dan kemampuan aljabar.

Yang paling menentukan keberhasilan Anda dalam tes bagian ini adalah kecepatan Anda dalam melakukan operasi matematika dan atau menerjemahkan soal cerita kedalam bentuk matematisnya. Namun, untuk beberapa soal, menote “eliminasi” seperti mengerjakan soal penalaran dan analitis dapat Anda terapkan.

Misalnya, jika terdapat soal 692 x 127 = …
Perhatikan jawaban yang disediakan. Perhatikan digit terakhir dari setiap pilihan jawaban yang ada. Berapapun hasil perkalian itu, digit terakhir hasil perkalian itu adalah 4 (karena perkalian digit terakhirnya adalah 2 x 7 = 14). Jadi, dengan cepat Anda dapat meng-eliminasi jawaban yang sudah tepat salah, yaitu pilihan jawaban yang tidak berdigit akhir 4.

Pada bagian penalaran visual, konsentrasi tinggi untuk melihat pola yang ada ataupun tersembunyi dari rangkaian gambar adalah strategi dan trik yang dapat dilakukan. Konsentrasi pada gambar dan banyak berlatih mengenali perubahan pola dengan banyak mengerjakan soal-soal sejenis.

Tes Kemampuan Umum :

Pada bagian bahasa indonesia atau bahasa inggris, jika ada soal wacana atau text based, sementara wacana yang ada terlalu panjang untuk dibaca, maka Anda lebih baik membaca soal terlebih dahulu, kemudian baru mencari jawaban di wacana. Lakukan ini dengan cepat!

Pada bagian lain seperti falsafah ideologi pancasila, kebijakan pemerintah ataupun tata negara
, strategi yang mungkin perlu dilakukan adalah dengan banyak membaca surat kabar, mendengar informasi terkini, updating perubahan undang-undang yang berlaku dan membaca buku-buku yang merupakan dasar dari pengetahuan bagian tersebut.
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 Kompasiapa